Ice briking
[14/9 07.28] +62 882-0097-30012: Assalamu Alaikum Wr.Wb.
bunda yanda,
sebagai materi awal ice breaker ada pepatah mengatakan "tak kenal maka ta'arruf"
Kita Belajar Materi Ice Breaker Perkenalan dengan 6 Aspek Perkembangan :
Contoh :
Tok tok tok (ibu jari)
Ada siapa ada siapa (jari kelingking)
Kak Kusumo Kak Kusumo (jari telunjuk)
Di mana di mana (jari manis)
Itu dia itu dia (jari tengah)
Catatan : Gerakkan Jari Buka Tutup untuk Tiap Jari Berpasangan,
6 Aspek Perkembangan dengan Metode Perkenalan Sambil Menggerakkan Jari Jari :
1.Aspek Fisik Motorik
2.Aspek Bahasa
3.Aspek Sosem
4.Aspek Seni
5.Aspek Kognitif
6.Aspek Agama
Silahkan bunda yanda bisa langsung di coba dulu di tempatnya masing masing ๐
[14/9 07.31] +62 882-0097-30012: ๐ini contoh nada & cuplikan Videonya,
Materi yang di tampilkan dalam Video tersebut :
1.Tepuk Gembira,
2.Sesi Tak Kenal Maka Ta'arruf dengan 6 Aspek Perkembangan,
Selamat Mencoba bunda yanda ...
[14/9 07.31] +62 882-0097-30012: Penjelasan 6 Aspek :
1.Aspek Fisik Motorik : ada gerakan di semua jari tangan
2.Aspek Bahasa : ada kata kata yang di Ucapkan saat menggerakkan jari
3.Aspek Sosem (Sosial Emosional) : anak belajar bersosialisasi dengan mengenalkan dirinya kepada temannya
4.Aspek Seni : ada nada / intonasi suara
5.Aspek Kognitif : jari yang sama / sejenis di pertemukan, misal ibu jari kanan menempel sejajar dengan ibu jari kiri, dst
6.Aspek Agama : adab / sopan santun saat menyampaikan perkenalan
[14/9 07.31] +62 882-0097-30012: kalo semua sudah mencoba,
kita lanjut materinya sambil bunda yanda terus berlatih
apa sih ice breaker itu?
ice : beku ,breaker : pemecah kebekuan belajar
ice breaker : mencairkan suasana kelas yang sebelumnya kaku, monoton, membosankan menjadi bergairah, menyemangati siswa dan menyenangkan
Ada 4 fungsi utama ice breaker dalam pembelajaran :
1.jeda pembelajaran ketika jenuh
2.penyeimbang otak kanan dengan otak kiri
3.cara termudah otak untuk menyerap informasi, berkomunikasi dan bersosialisasi
4.sarana pendekatan kepada siswa
kapan waktu yang tepat memberikan ice breaker?
sesuai dengan tingkat usia anak yang kita hadapi, karena tingkat usia anak berbanding lurus dengan tingkat konsentrasinya, maksud berbanding lurus 1 tahun = 1 menit
[14/9 07.31] +62 882-0097-30012: kita lanjut dengan Praktek lagi Ice Breaker aba aba "HALLO", biasanya di jawab "HAI"
untuk Variasi dan Konsentrasi saat anak anak di beri aba aba "HALLO" bisa di ganti dengan Jawaban "FOKUS", menjawabnya sambil menggerakkan jari telunjuk tangan kanan menyentuh bagian samping kanan dahi (otak) yang ada di kepala,
silahkan bunda yanda praktek lagi ๐
[14/9 07.31] +62 882-0097-30012: Bunda yanda,
sekarang Kita Belajar Mengenalkan Arah / Posisi dalam Bahasa Inggris Kepada Anak dengan Metode Langgam / Lagu
Contohnya :
DIRECTION (ARAH / POSISI)
Where is di mana
In Front of di depan
Behind di belakang
Beside is di samping (2X)
Up above is di atas
Under beneath di bawah
Here over there di sini dan di sana (2X)
Irama Lagu : Anak Kambing Saya
Selamat Mencoba,
Kita lanjut Mengenalkan Arah / Posisi dengan Versi Bahasa Arabnya,
Contohnya :
ARAH / POSISI
Aina di mana
Amama di depan
Waro'a di belakang
Bi jiwari di samping (2X)
Fawqo ala di atas
Tahta itu di bawah
Huna Hunaka di sini dan di sana (2X)
Irama Lagu : Anak Kambing Saya
Selamat mencoba lagi ...
[14/9 07.32] +62 882-0097-30012: https://youtu.be/jP7VDsxhnSw
[14/9 07.33] +62 882-0097-30012: *Arti, Tujuan, dan Manfaat Ice Breaking*
Ice Breaking secara harfiah berarti pemecah es.
Secara maknawi berarti permainan yang digunakan untuk memecah kebekuan dalam berbagai aktifitas, terutama pembelajaran atau training,
Sementara tujuan yang hendak dicapai adalah terciptanya suasana yang akrab, cair dan menyenangkan sehingga terjadi proses keterlibatan (interaksi) multi arah dalam pembelajaran, yaitu interaksi antara guru / fasilitator dengan peserta, peserta dengan peserta dan peserta dengan sumber belajar,
*Adapun manfaat ice breaker dalah sebagai berikut : *
*Pertama,* Pengkondisian agar siswa siap untuk belajar,
*Kedua,* Membantu membangun mindset positif bahwa belajar dapat dilakukan tanpa tekanan, justru menjadi aktifitas yang menyenangkan,
*Ketiga,* Bila mengajar pada siang hari, siswa cenderung kehabisan energi.
Perlu energizer untuk melibatkan mereka,
[14/9 07.33] +62 882-0097-30012: *⬛⬛Berikut beberapa Ice Breaker Pembuka kelas yang menyenangkan dan Menyemangati*⬛⬛
[14/9 07.33] +62 882-0097-30012: *Tepuk Apa Kabar Kawan Semua*
Guru : Apa Kabar kawan – kawan Semua ?
Murid : ( sambil Tepuk ) Baik
Guru : Apa Kabar Sahabatku Semua ?
Murid : ( sambil Tepuk ) Baik
Guru dan Murid : Semoga Allah Selalu Menjaga Agamamu, keluarga dan juga Sauadaramu ..... aamiin
[14/9 07.34] +62 882-0097-30012: *Hikmah / Pelajaran yg di dapat dari tepuk tanya kabar*
1. Membuka kelas dengan cara menyenangkan
2. Membangun kedekatan/kebersamaan siswa
3. Menumbuhkan rasa percaya diri siswa
4. Merasa di hargai keberadaannya satu sama lain
[14/9 07.34] +62 882-0097-30012: Lagu Jari Siap Belajar
Satu jari kanan
satu jari kiri,
kugabung menjadi dua kubuat jembatan ... panjang,
Dua jari kanan
dua jari kiri ku gabung menjadi empat kubuat kamera ... cekrek,
Tiga jari kanan
tiga jari kiri
kugabung menjadi enam kubuat menara ... tinggi,
Empat jari kanan
empat jari kiri
kugabung menjadi delapan kubuat telinga ... kelinci,
Lima jari kanan
lima jari kiri kugabung menjadi sepuluh
bersiap Belajar
[14/9 07.35] +62 882-0097-30012: *Hikmah Pelajaran yang di dapat dari lagu jari kanan dan kiri*
1. Mempersiapkan belajar yang menyenangkan
2. Membuat anak fokus dalam menerima pelajaran
3. Membangun imajinasi anak
[14/9 07.35] +62 882-0097-30012: Kita lanjut Belajar Ice Breaker "Senam Otak" Bernyanyi dengan Angka :
Angka 1 : Angkat jari Telunjuk
Angka 2 : Angkat jari Tengah dan Manis
Angka 3 : Angkat Ibu jari,Telunjuk dan Kelingking
Angka 4 : Angkat semua jari kecuali Kelingking
Angka 5 : Angkat semua jari
Mulai Bernyanyi :
"satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan
siapa rajin ke sekolah cari ilmu sampai dapat
sungguh senang amat senang
bangun pagi pagi sungguh senang" (AT Mahmud)
Ubah Lirik Lagu tersebut menjadi Senam Angka :
1 2 3 4 5 4 3 1
5 4 3 1 2 3 4 5 1
(tiap baris di ulang 2 kali sambil gerakkan jari jarinya sesuai dengan kode angkanya)
Selamat Mencoba lagi bunda yanda ๐
[14/9 07.36] +62 882-0097-30012: Kita Lanjut Menyemangati Anak Anak dengan Ice Breaker "Menggapai Bintang"
Contoh Teksnya :
Tangan Ke Atas Menggapai Bintang,
Tangan ke Samping Burungnya terbang,
Tangan ke Depan Bertepuk Tangan,
Tangan di Lipat Siap Berdo'a
Tangan di Lipat Siap Belajar
untuk aba aba sebelum berdo'a, contohnya :
INI KANANKU INI KIRIKU
KITA SATUKAN LALU BERDO'A
LALU BERDO'A
LALU BERDO'A
( irama lagu "panjang umurnya")
[14/9 07.37] +62 882-0097-30012: Hikmah / Pelajaran Yang di Dapat dari ice breaker Menggapai Bintang :
1. Menumbuhkan Rasa Gembira Sebelum Proses belajar
2. Menbangun Kebersamaan
3. Ikhtiar harus di iringi dengan doa
4. Bebas berkreasi sebebas burung terbang di angkasa
5.Menumbuhkan semangat cita cita setinggi bintang di langit
[14/9 07.37] +62 882-0097-30012: *PROJECT*
Project adalah sebuah pekerjaan yang bersifat unik dan sementara,
dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan dan membuahkan hasil dan manfaat yang diinginkan,
Dalam pembelajaran PAUD, project penguatan profil pelajar pancasila yang dilakukan dapat berupa pembuatan *PRODUK* dan *KEGIATAN*
Sehingga anak-anak tidak harus melulu membuat *PRODUK*, dapat juga berupa *KEGIATAN*
Apa saja yang dapat dibuat Project yang berbentuk *KEGIATAN* ?
1. Tema : Kita semua bersaudara
Ikat tanggal : 21 februari, Hari sampah nasional
Kegiatan : anak-anak kerja bakti
Anak-anak diberikan kesempatan untuk memahami pentingnya *kerja bakti*
Anak-anak diajak melihat tempat sampah, sapu, kemoceng, lap, sabun, ember, dll
Anak-anak melihat gambar atau video, apa itu kerja bakti
Anak-anak menulis, mau membersihkan apa?
Lalu hasilnya diletakkan dimana?
Pembagian tugas, siapa yang persiapan alat, siapa yang menyiapkan makanan / minuman,
Anak-anak membuat target sederhana, misalkan hari ini mau membersihkan apa? Besok apa?
Pelaksanaan kegiatan, anak-anak kerja bakti
Tampak anak-anak bergotong royong, berkomunikasi, bernalar kritis
Setelah kerja bakti, anak-anak diajak untuk refleksi diri, bagaimana tempat nya?
Bersih, rapih dan sehat
Bagaimana, kerja bakti ini? Asyik bu guru, sebaiknya dilakukan berapa kali kita kerja bakti? Dua minggu sekali bu guru,
......
......
[14/9 07.37] +62 882-0097-30012: Apa saja yang dapat dibuat Project yang berbentuk *KEGIATAN* ?
2. Tema : Aku sayang bumi
Ikat tanggal : 1 Juli, Hari buah sedunia
Kegiatan : anak-anak membuat penelitian sederhana
Anak-anak diberikan kesempatan untuk memahami pentingnya *perubahan, pertumbuhan dan perkembangan*
Anak-anak diajak melihat buah berbiji dan tanpa biji, buah untuk pupuk, cetok, kapas, dll
Anak-anak melihat gambar atau video, apa itu perubahan, pertumbuhan dan perkembangan,
Anak-anak menulis, senang buah apa?
Lalu dibawakan buah dan diteliti secara sederhana,
Misalkan : anak suka ๐ apel, bu guru memotong apel ๐, anak diajak mengamati, berapa lama perubahan warna dari apel putih ke warna coklat,
Anak memotong kulit apel, lalu dijadikan pupuk
Anak mengumpulkan biji, lalu ๐ฑ menanam
Pelaksanaan kegiatan, mengamati dan mencatat
Tampak anak-anak mandiri, berkomunikasi, kreatif bernalar kritis
Setelah memahami, anak-anak diajak untuk refleksi diri, bagaimana apel๐ nya?
Iya bu, berubah warna,
Bagaimana, perubahan apelnya?
Benar bu guru, berubah warna,
......
......
[14/9 07.37] +62 882-0097-30012: Apa saja yang dapat dibuat Project yang berbentuk *KEGIATAN* ?
3. Tema : Imajinasi dan kreativitas
Ikat tanggal : 8 September, Hari literasi nasional
Kegiatan : anak-anak menceritakan tentang apa yang dipahami,
Anak-anak diberikan kesempatan untuk memahami pentingnya *publik speaking atau berbicara*
Anak-anak diajak melihat telur, ayam kecil, ayam besar, dll
Anak-anak melihat gambar atau video, apa itu telur, bagaimana cara menetas nya, suara ayam kecil dan besar, dll
Anak-anak menempel perkembangbiakan ayam? Lalu anak bercerita,
Misalkan : anak bercerita didepan teman-temannya atau guru nya atau orangtuanya tentang apa yang dibuat,
Anak menempel proses ayam mulai dari bertelur, telur, menetas, anak ayam, ayam besar ๐ค๐๐๐๐,
Pelaksanaan melihat, mengamati, menempel dan menceritakan,
Tampak anak-anak mandiri, berkomunikasi, kreatif bernalar kritis,
......
......
[14/9 07.37] +62 882-0097-30012: Capaian pembelajaran adalah aktifitas harian guru bersama siswa sebagai sarana guru untuk mengasesmen dan membuat anak pintar
Agar guru mudah mengasesmen kegiatan anak, cobalah amati dengan cermat apa yang dilakukan
Semoga gambaran umum ini dapat memudahkan guru keren ๐๐๐ฎ๐ฉ๐ฎ๐ฉ
*Literasi* itu dominan di pemahaman
1. Huruf
2. Angka
3. Bentuk
4. Warna
5. Kata
6. Kalimat
*Jati diri* itu dominan di Kaki
1. Berdiri
2. Berjalan
3. Berlari
4. Melompat
5. Mundur
6. Maju
7. merangkak
8. memanjat
9. Berjinjit
10.meloncat
11. Dll
*Literasi* itu dominan dipemahaman
1. Bisa menirukan
2. Bisa Mengulang kalimat
3. Bisa Menjawab
4. Bisa Menceritakan
5. Bisa Menyebutkan
*sains* itu dominan di pengamatan
1. Adanya perubahan
2. Adanya gerakan
3. Adanya perbedaan
4. Adanya Proses
*Tekhnologi* dominan di alat
1. Untuk mempermudah
2. Untuk mempercepat
3. Untuk memotong
4. Untuk mengecilkan
5. Untuk membesarkan
6. Untuk memanjangkan
7. Dll
*Matematika* itu dominan itu di objeknya
1. Disamakan
2. Dibedakan
3. Sebab akibat
4. Dikelompokkan
5. Diurutkan
6. Ditimbang
7. Diukur
*Jati diri* itu dominan di diri sendiri
1. Memegang
2. Menyusun
3. Menjiplak
4. Menggunting
5. Meronce
6. Mencocokkan
7. Menganyam
8. Menebalkan
9. Melipat
10. Meronce
11 Menyusun
12 Melempar
13. Menangkap
14. Aku
15. Saya
16. Kamu
17. Kami
18. Kita
19. Semua
20. Kalian
*Nilai Agama dan budi pekerti* itu dominan di Hati
1. Menyayangi
2. Berdoa
3. Menolong
4. Salam
5. Membagi
6. Sopan
7. Rapih
8. Bersyukur
9. Memberi
10 menolong
*Rekayasa* itu dominan di imajinasi
1. Jadi ini
2. Jadi itu
3. Tambah ini
4. Tambah itu
Selamat mencoba
[14/9 07.37] +62 882-0097-30012: Motorik Kasar itu dominan di Kaki
1. Berdiri
2. Berjalan
3. Berlari
4. Melompat
5. Mundur
6. Maju
7. merangkak
8. memanjat
9. Berjinjit
10.meloncat
11. Dll
Aspek Bahasa itu dominan di Mulut
1. Menirukan
2. Mengulang kalimat
3. Menjawab
4. Menceritakan
5. Menyanyi
6. Menyebutkan
Aspek Kognitif itu dominan di Pikiran atau Kecerdasan
1. Menyamakan
2. Membedakan
3. Sebab akibat
4. Mengelompokkan
5. Mengurutkan
6. Mengamati
Motorik Halus itu dominan di Tangan
1. Memegang
2. Menyusun
3. Menjiplak
4. Menggunting
5. Meronce
6. Mencocokkan
7. Menganyam
8. Menebalkan
9. Melipat
10. Meronce
11 Menyusun
12 Melempar
13. Menangkap
Aspek Agama dominan di Hati
1. Menyayangi
2. Berdoa
3. Menolong
4. Salam
5. Membagi
6. Sopan
7. Rapih
8. Bersyukur
Aspek Seni dominan
- ditelinga (Seni musik)
- ditangan (Seni lukis, seni musik, seni tari)
- dimulut (seni suara)
Saat kita mampu memilah dan memilih,
maka kita mudah memasukkan ke dalam Tema maupun Sentra
Asyiknya Belajar dan Bermain dengan Anak adalah Mendalami
Seandainya kita dapat mendalami satu gerakan saja,maka kita akan mendapatkan Ilmu Permainan yang banyak
Contohnya :
BERDIRI
Permainannya adalah :
Berdiri satu kaki,
berdiri berjinjit,
berdiri di bambu,
berdiri di tempat yang kecil,
berdiri di lingkaran,
berdiri bersama teman dll
Contohnya :
MENYAMAKAN
Permainannya adalah :
Menyamakan huruf,angka,bentuk,benda,warna, jari,kaki dll
Selamat mencoba,
Hendaknya setelah memberi anak tugas menulis atau apa saja kita harus moving (berpindah) untuk melihat apakah siswa nulisnya sudah benar atau belum,
Nulisnya dari arah kiri ke kanan atau dari dari kanan ke kiri atau dari atas ke bawah atau sebaliknya dari bawah ke atas,
Kita sebagai guru hendaknya mendampingi siswa dalam hal apapun,
guru tidak hanya duduk manis di kursi meja nya.
Guru jaman now peduli terhadap siswanya, guru harus moving / berpindah tempat untuk melihat kondisi siswa lebih dekat, baik itu siswa kelompok A atau siswa Kelompok B dan hal ini akan menghindari siswa dari perselisihan, bertengkar atau memukul ketika preoses belajar, guru harus tersenyum, ramah dan lembut
Itulah Guru PAUD yang pahalanya segudang karena memang tanggung jawabnya yang sangat besar terhadap siswa / anak nya
Maka tidak salah kalau terkadang wali murid memberi kita hadiah (ucapan terima kasih),
Semoga kita bisa mengamalkan ilmu ini sehingga lembaga kita jadi lebih baik dan terbaik,
Guru itu harus punya jiwa kewirausahaan (kreatif dan mandiri),
Guru itu seperti pamong, artinya momong, yang momong harus punya kasih sayang terhadap yang di mong dalam hal ini anak/siswa,
Guru kita tidak boleh memiliki wajah yang menakutkan,
Tersenyumlah supaya anak-anak tidak takut,
Jangan bangga jadi orang yang di takuti,
Tapi banggalah karena di segani dan berwibawa,
Sesuaikanlah suara ada saat butuh suara keras ketika mengajar, jangan terlalu keras.
Dan jangan terlalu lembek yg membuat anak tidak termotivasi / tidak greget (semangat),
Hendaknya kita Memotivasi diri kita dan team kita supaya lebih baik dan lebih pintar supaya terus belajar,
Guru harus tersenyum Tersenyumlah seperti kalau kita masuk di BANK.
Masuk kelas di sambut dengan senyuman guru dan di sapa "selamat pagi, ada yang bisa saya bantu? "silahkan duduk dan minum dulu." pasti orang tua akan makin cinta dan percaya kepada kita,
Kalau lembaga kita seperti itu,
Insha Allah akan sukses selamanya, jangan menyepelekan hal kecil ini, kalau guru memasang wajah senyum, giat untuk mengadakan perbaikan, punya wajah sayang dan ramah terhadap anak pasti akan lebih maju dan lebih baik.
Guru harus selalu mengadakan perbaikan,kreatif, mengajar *#edupreneurship *#entrepreneurship
Guru juga perlu di supervisi di pantau bagaimana cara mengajarnya, sikapnya, cara bicaranya ( supervisi akademik dan klinis ) maka perlu diadakan sharing dan bimbingan untuk guru agar lebih baik,
kalau belum baik ya kita perbaiki bersama, bila sudah baik semoga lebih baik dan bertambah baik,
Karena guru PAUD (RA/BA/TA/TK/PPT/TPA) itu pertama kali yang akan masuk surga dengan catatan ngajar nya yang baik, tapi kalau sebaliknya, ya yang akan pertama kali masuk neraka,
CIRI-CIRI TEAM HEBAT PADA LEMBAGA:
- Kreatif
- Konsisten
- Menghasilkan dengan cepat,
Serta
"PARTISIPASI DARI SELURUH ANGGOTA TEAM"
Semoga kita bisa menjadi tim hebat yang terus bersemangat mencerdaskan dan membimbing generasi spesial kita,
Semangat,
Kerja cerdas, Kerja Keras, kerja Ikhlas, kerja Tuntas,
Semoga kita bisa menjadi guru idaman
[14/9 07.37] +62 882-0097-30012: *Permainan Profil Pelajar Pancasila*
*1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia*
Cara bermainnya :
1. Buatlah 3 kelompok dan berbaris
2. Teman paling depan diberi balon, lalu ditiup (yakinkan kepada peserta, bahwa *udara* itu tidak tampak, namun ada dan terlihat dari membesar nya balon)
(Beri keyakinan lagi bahwa Allah menciptakan sesuatu yang tampak dan tidak tampak)
3. Balon ๐yang ada diberikan keteman dibelakangnya dengan cara di lambungkan (kelompok yang menang, yang pertama kali memberikan ๐ balon) sampai belakang
*2. Berkebinekaan global*
Cara bermainnya:
1. Cari 5 kelompok dan Sediakan 5 macam warna balon ๐(yakinkan kepada peserta bahwa mereka berbeda namun memiliki ukuran yang sama dan tujuan yang sama)
2. Balon yang ada oleh semua kelompoknya, akan diikat ditiang, namun untuk mengikatnya *diberi jarak*, agar ada kerjasama semua kelompok
*3. Bergotong royong*
Cara bermainnya :
1. Sediakan kain panjang
2. Semua kelompok memegang kain
3. Balon yang ada diletakkan ditengah kain, lalu balonnya dimasukkan kedalam ember yang disediakan
*4. Bernalar kritis*
Cara bermainnya :
1. Buat kelompok berbaris
2. Teman paling belakang menentukan satu balon warna apa saja
3. Lalu memberitahu teman depannya dengan tanpa suara
4. Regu yang menang yang dapat menjawab sama
*5. Kreatif*
Cara bermainnya :
1. Buat 3 kelompok
2. Teman depan diberi kertas hvs bergambar balon lalu dilipat 3 kali lalu dipotong
3. Potongan yang ada diberikan keteman belakang lalu teman belakang menyusun kembali kertas hvs nya
*6. Mandiri*
Cara bermainnya :
1. Semua kumpul lalu semua berkata b-a-l-o-n
2. Buat gerakan b-a-l-o-n
3. Buat tepuk b-a-l-o-n
4. Nyanyi b-a-l-o-n
5. Setelah bisa, gunakan game balon dengan gerakan begini begini begitu
*selamat bermain* ๐๐ฎ๐ฉ๐ฎ๐ฉ
[14/9 07.37] +62 882-0097-30012: Bunda yanda,
Kita lanjut belajar ice breaker lagi Mengenalkan Berbagai Arah / Posisi Kepada Anak,
contohnya dengan Aba Aba berikut ini :
(masih menggunakan jari)
1 Ke atas
2 Ke depan
3 Ke Kanan
4 Ke Kiri
5 Ke Bawah
6 Ke Belakang,
(Sambil Gerakkan Jari Telunjuk Sesuai dengan Aba Aba yang Kita Ucapkan),
Setelah itu bisa dinyanyikan dengan nada "Panjang Umurnya" :
Ini ke Atas
Ini ke Depan
Ini ke Kanan
Ini ke Kiri
Ini ke Bawah
Ini ke Belakang
Selamat Mencoba,
[14/9 07.38] +62 882-0097-30012: Setelah bermain kita lanjut ice breaker Semangati Anak dengan Lagu ini :
"Aku Anak Juara"
Aku adalah Anak Juara
Selalu Riang Serta Gembira
Karena Aku Rajin Belajar
Tak Kenal Malas ataupun Lelah
Lalalala .....
Setiap Hari Kubaca Buku
Bertukar Ilmu Bersama Guru
Ilmu yang Berkah Indah Barokah
Smangat Belajar tak Pernah Punah
Lalalala .....
( Lirik Lagu "Aku Anak Gembala")
tips :
bunda yanda menyanyikan bersama Anak dengan Ekspresi Wajah Ceria dan Antusias,
Silahkan bunda yanda bisa berkreasi dengan Gerakan untuk Kata Kata yang dinyanyikan,
[14/9 07.38] +62 882-0097-30012: Bunda yanda,
Kita belajar 1 ice breaker lagi,
Variasi Tepuk Konsentrasi untuk Awal Pembelajaran,
Contohnya :
TEPUK SISWA CERIA
Kalau Kau Siswa Ceria Tepuk Tangan XXX
Kalau Kau Siswa Ceria Tepuk Paha XXX
Kalau Kau Siswa Ceria Mari Kita Lakukan Kalau Kau Siswa Ceria Tepuk Bahu XXX
Kalau Kau Siswa Ceria Petik Jari XXX
Kalau Kau Siswa Ceria Bilang Horee Horee
Kalau Kau Siswa Ceria Mari Kita Lakukan Lakukanlah Semuanya (dari Awal)
Bunda Yanda Memberi Aba Aba Tepuk dengan Ekspresi Wajah Ceria dan Antusias,
X = jumlah tepukan dan tempo tepukan,
Disertai Gerakan untuk Tiap Tepuk,
Dari irama "Kalau Kau Suka Hati"
[14/9 07.38] +62 882-0097-30012: *5 Bingkisan untuk Murid* ๐
Bingkisan ke1 ⭐
Setiap anak adalah *bintang* , memiliki kelebihannya masing-masing
Bingkisan ke 2 ๐
Kecerdasan itu seluas *samudera*
ukurannya bisa dari pengetahuan, ketrampilan ataupun sikap
Bingkisan ke-3, ๐ฏ
Setiap anak cerdas dengan Multiple Intelligence
a. Cerdas bahasa: secara lisan atau tulisan ๐
b. Cerdas kinestetis ๐♂️⛹️♀️
c. Cerdas musik ๐ผ
d. Cerdas Bergaul (interpersonal)๐ซฑ๐ป๐ซฒ๐ป
e. Cerdas Logika dan Angka ๐งฎ
f. Cerdas Naturalis ๐ฑ
g. Cerdas diri (intrapersonal) ๐ง๐ป♀️
h. Cerdas Spasial Visual ๐️
Bingkisan ke-4 ๐♀️
Guru harus memiliki hobi baru yaitu *menyelam*
Menyelam untuk mencari potensi / bakat tersembunyi dari siswa.
Bingkisan Ke-5 ๐ฏ
mengenali setiap potensi - minat ataupun bakat siswa kemudian mengasahnya
_a teacher takes a hand_ ๐ซด๐ป
*open mind*
_touches a heart_ ๐
[14/9 07.38] +62 882-0097-30012: *Mindfull, meaningful, joyful*
Untuk merasakan yang full full, kita dan anak-anak akan menghadapi waktu *SHUBUH*
*Mindfull*
Rasakan sulit nya bangun dan membangunkan sholat shubuh
Kenapa sangat sulit ? Karena Allah sudah menjawab nya pada surat Al falaq (waktu shubuh)
Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai shubuh
Kita semua akan merasakan sangat sulitnya bangun shubuh, kenapa ? *saat adzan shubuh*, kita sering diganggu oleh sesama manusia (masih banyak yang tidur, tidur lagi saja), sering diganggu oleh jin&๐น๐ setan (suara malaikat bangun, suara setan tidur saja lagi, seandainya yang kuat setan, maka kita akan ๐ด๐ค๐ค๐ค tidur lagi), sering diganggu malam ๐๐๐๐ (masih gelap, tidur lagi saja)
Aktifitas diatas tiiiiiap hari dirasakan, sehingga *suasana pagi dalam keluarga pasti ruuuuame* ๐๐, banyak emosinya
Lalu bagaimana mengatasi nya ?
*gunakan meaningful* atau kebermaknaan
Naaak, ayo bangun, yang punya shubuh Allah, ayo bangun karena Allah, bukan karena Ayah Bunda
Naak, setan itu kan terbuat dari ๐ฅapi, boleh ya, ayah/bunda bangunkan kamu pakai ๐ง๐ฆ air (diusapkan ke wajahnya) lalu dipandu ambil air wudhu (untuk mengusir ๐ป๐๐น๐น setan) seandainya sudah bangun, dipandu *beribadah berjamaah*
Usai sholat berikan makna shubuh, waktu shubuh, doanya mudah dikabulkan, shubuh banyak berkahnya, shubuh awal dari semangat hari ini, dll
*Semangat jangan semangit*
Lawan rasa kantuk dengan mengingat Allah dan kebermaknaan waktu shubuh ๐คฒ๐คฒ๐คฒ
Setelah berjalan dengan baik, sudah bisa dan biasa bangun pagi serta beribadah
*olahraga, jalan pagi bersama* lakukan bersama dengan *JOY FULL* dengan senang, semangat dan bahagia
Rasakan perjuangan shubuh di masa yang akan datang
*ORANG YANG SENANG BANGUN PAGI DAN ANAK YANG BISA RAJIN BERIBADAH*
Menjadi pembeda
Menjadi pembeda dari yang lain
Menjadi pembeda dari yang lain, karena *CALON GENERASI HEBAT DAN SUKSES* Amiiin
Semangat pagi
*Pranowo Yogya* ๐๐ฒ๐จ๐ฒ๐จ
[14/9 07.38] +62 882-0097-30012: *MINDFULL, MEANINGFUL DAN JOYFULL*
Untuk merasakan yang full full, kita dan anak-anak kita, *sebentar lagi akan meninggalkan bulan puasa*
*Mindfull*
Puasa artinya menahan, apa yang ditahan ? Panca indera kita
- Naaak, rasakan saat ๐ mulut kita bertahan untuk tidak menggunjing, mengumpat, dll
- Naak, rasakan saat ๐ mulut kita bertahan untuk tidak memasukkan makan dan minum
- Naak, rasakan saat ๐ hidung kita bertahan untuk tidak mencium bau makanan yang lezat serta memasukkan air dari hidung
- Naak, rasakan saat ๐ telinga kita bertahan untuk tidak mendengarkan sesuatu yang negatif lalu masuk dalam pikiran kita
- Naak, rasakan saat ๐mata kita bertahan untuk tidak melihat hal-hal negatif
- Naak, rasakan saat ✋tangan kita bertahan untuk tidak melakukan kekerasan atau pukulan
*Berapa lama naak, merasakan nya untuk ditahan ?*
- Setiap hari sekitar 16 jam
- Sebulan 16 x 30 = 480 jam
Sekitar 480 jam naaak
Lalu
✏️✏️✏️
*Maknanya apa ? Meaningful nya apa ?*
Lamanya kita menahan diri dari *hawa nafsu* inilah yang membedakan puasa dengan ibadah lainnya, sehingga puasa yang akan memberikan besar nya pahala hanya Allah SWT
Puasa adalah bulan pendidikan, sehingga kita dididik secara pribadi & sosial emosional
Puasa disediakan syurga bernama Ar Royyan
Puasa sarana berkomunikasi dengan Allah dalam jangka panjang dan sarana dipertemukan
*Bagaimana nak ? Indahkan puasa*
Pengorbanan kita berpuasa bersama tidak sia-sia
- Kita sangat dekat dengan diri sendiri
- Kita sangat dekat dengan Allah SWT
- Kita sangat dekat dengan makhluk ciptaan Allah SWT
Setelah anak paham lalu mengangguk-angguk
Gunakan *JOYFUL*, ๐ senyum ๐ ceria ๐ค semangatin ๐ช ayooo lebih semangat lagi
*SEBENTAR LAGI KITA AKAN MENINGGALKAN PUASA*
Masih ada waktu untuk mindfull, meaningful dan joyfull
Semoga puasa kita ber kesadaran, penuh makna dan melakukan nya dengan ceria dan bahagia
๐๐ช๐ค๐๐๐ซก๐ซก
*Pranowo Yogya* ๐๐ฒ๐จ๐ฒ๐จ
[14/9 07.38] +62 882-0097-30012: *MINDFULL, MEANINGFUL, JOYFULL*
Untuk merasakan yang full full, kita dan anak-anak kita, *sebentar lagi akan jadi kupu-kupu* ๐คฒ๐คฒ๐คฒ...setelah satu bulan penuh jadi kepompong
*Mindfull*
*Dahulu* kita selalu mengajar kan tentang Rukun Islam itu ada 5 lalu menghafal dan menanyakan, puasa itu rukun iman yang keberapa ?
Setelah tahu dan ingat, maka kita diajak memahami, apa itu puasa ? Kenapa kita berpuasa ?
Setelah itu kita wajib melaksanakan puasa (dibangunkan orangtua dan puasa bersama)
Kita bangga, saat anak tahu rukun islam, paham arti puasa dan semangat melaksanakan nya bersama keluarga
๐✏️✏️✏️
*sekarang* jaman sudah berubah, ingat, paham dan melaksanakan tidaklah cukup
*sekarang* kita harus naik level, naik tingkat
Ajak anak-anak menganalisa, tentang puasa dari *aspek agama dan budi pekerti*, agar anak kita paham bahwa yang mengundang puasa adalah Allah, dengan puasa kita bersih, sehat dan keselamatan diri, memahami perbedaan dalam sholat tarawih, dan mencintai sesama makhluk Allah
*Menganalisa* tentang jati diri, mampu mengelola emosi, melakukan perilaku positif dan merasakan setiap langkah, ucapan dan perbuatan
*menganalisa* kemampuan literasi, sains, adanya perubahan tekhnologi, mampu merekayasa, cerdas dalam seni dan hitungan
Lalu
✏️✏️✏️
*Maknanya apa ? Meaningful nya apa ?*
Puasa adalah bulan pendidikan, bulan dimana kita perlu mengevaluasi diri, mampukah menahan hawa nafsu, mampukah dekat dengan Allah SWT, mampukah menjadi diri sendiri, mampukah mengelola emosi
Setelah damai dengan diri sendiri, kita perlu menciptakan sesuatu yang bermakna dengan *JOYFUL*, ๐ senyum ๐ ceria ๐ค semangatin ๐ช ayooo lebih semangat lagi
Mulailah dengan menciptakan 7 kebiasaan anak hebat Indonesia
- Dahulu sulit bangun pagi, dengan puasa mudah bangun pagi
- Dahulu sulit beribadah, dengan puasa senang berjamaah
- Dahulu sulit makan bergizi, dengan puasa badan sehat dengan makanan bergizi
- Dahulu malas belajar, dengan puasa senang belajar
- Dahulu sulit bermasyarakat, dengan puasa senang bersosialisasi
- Dahulu tidur malam terus, dengan puasa tidur cepat karena tubuh perlu istirahat dan persiapan bangun menyambut semangat pagi
*Ayooo naik level dengan menganalisa, mengevaluasi dan menciptakan perubahan mendasar dahulu dimulai dari diri sendiri*
Semoga dengan puasa tercipta anak hebat Indonesia ๐ฒ๐จ๐ฒ๐จ๐ฒ๐จ tidak perlu menunggu 2045 namun dimulai sebentar lagi, saat kita merayakan HARI RAYA IDUL FITRI
๐๐ช๐ค๐๐๐ซก๐ซก
*Pranowo Yogya* ๐๐ฒ๐จ๐ฒ๐จ
[14/9 07.38] +62 882-0097-30012: *MINDFULL, MEANINGFUL, JOYFULL*
Untuk merasakan yang full full, kita dan anak-anak kita, *sebentar lagi akan LEBARAN* ๐คฒ๐คฒ๐คฒ...LEBARAN, di bahasa Jawa artinya wis bar yang berarti *sudah selesai*, bahasa betawi berasal dari kata lebar yang berarti *luas* bahasa Sunda kata "lebar" yang berarti *melimpah* bahasa Madura, berasal dari kata "lober" yang berarti *tuntas*.
*Mindfull*
*Dahulu* kita selalu mengajar kan tentang Puasa, lebaran, dan idul fitri, lalu menghafal dan menanyakan tentang suasana lebaran dan sholat ied
Setelah tahu dan ingat, maka kita diajak memahami, apa itu artinya lebaran ? Kenapa kita saat lebaran tidak boleh puasa dan harus salaman ?
Kita bangga, saat anak tahu arti lebaran, karena tradisi yang ada, baju baru, banyak makanan dan uang dari sanak keluarga, anak-anak semangat melaksanakan nya bersama keluarga
๐✏️✏️✏️
*sekarang* jaman sudah berubah, ingat, paham dan melaksanakan tidaklah cukup
*sekarang* kita harus naik level, naik tingkat
Ajak anak-anak menganalisa, tentang lebaran dari kata yang sering terdengar di bahasa Jawa *LEBAR, LEBUR, LUBER, LABUR*
*Menganalisa*, kenapa Lebar (karena saat puasa kita jadi kepompong, kita harus menahan diri, tidak bebas secara ruhiyah dan jasmaniah, saat lebaran, kita bebas, namun bebasnya tentu menjadi *KUPU-KUPU* merubah diri menjadi lebih baik)
Kenapa lebur (karena puasa adalah sarana menghapus dosa, Allah mengampuni dosa-dosa dari apa yang diperbuat), seperti kaca yang banyak debu, banyak dosa yang menempel dalam diri kita, puasa adalah sarana membersihkan diri
Kenapa luber (karena saat puasa, banyak pahala dan rahmat Allah yang diberikan, setiap kali baca satu ayat ada pengalinya, ada malam lailatul qadar (malam 1.000 bulan) dll, saat lebaran kita luber atau kelebihan bahagia, kelebihan kenikmatan, sehingga tidak sanggup berkata apa-apa selain doa dan syukur
Kenapa Labur (karena setelah puasa, kita putih, bersih, suci, layaknya bayi yang baru lahir)
Lalu
✏️✏️✏️
*Maknanya apa ? Meaningful nya apa ?*
Lebaran adalah hari suka cita, hari bahagia, hari kasih sayang, hari dimana kita selesai dengan diri sendiri lalu melihat orang lain, keluarga, sahabat dan guru-guru kita, apa salah dan dosa yang selama ini diperbuat, hari kita bersalaman, bermaaf-maafan dan 0:0
Setelah damai dengan diri sendiri dan saudara, keluarga, sahabat dan para guru, kita perlu menciptakan sesuatu yang bermakna dengan *JOYFUL*, ๐ senyum ๐ ceria ๐ค berbagi cerita bahagia
Atas nama pribadi dan keluarga, mohon maaf atas segala khilaf selama ini
Maafkan atas kekurangan ilmu dan pengalaman yang selama ini kami berikan, semoga kita bisa saling melengkapi, bersinergi dan saling nasehat menasehati
Maaf lahir batin ya
๐๐ช๐ค๐๐๐ซก๐ซก
*Pranowo Yogya* ๐๐ฒ๐จ๐ฒ๐จ
[14/9 07.38] +62 882-0097-30012: bunda yanda, tidak terasa sudah sekitar 2 jam kita belajar ice breaker bersama di Grup WA ini,
biasanya pelatihan ice breaker kalo sy kopdar sehari 6 jam full praktek,
semoga sy bisa bertemu langsung dengan keluarga besar guru guru di daerahnya masing masing di acara pelatihannya sehari full seperti di daerah daerah yang sudah pernah mengadakan / sudah pernah mengundang,
kalo bunda yanda masih semangat belajar dan ingin tahu variasi ice breaker yang lainnya, sudah sy buatkan panduan lengkap dan detailnya dalam buku ice breaker yang sy tulis sendiri
Komentar
Posting Komentar